Senin, 29 Oktober 2012

Minggu Kedua di LIPI

Yap.. sudah berjalan dua minggu aku dan kedua temanku menjalani kegiatan PRAKERIN di tempat ini.. ada cerita menarik di hari ke 4-6 .

Hari ke-4 : Aku telah sampai di kantor, lalu langsung mengabsen kehadiran. walaupun aku bukan karyawan tetap disini, aku memang diwajibkan untuk megabsen meskipun bukan dengan sidik jari, melainkan dengan memasukan kertas kehadiran ke mesin perekam waktu seperti di film spongebob ;D . Setelah itu aku melaju ke ruang rapat. belum aku memasuki ruang rapat, aku melihat ada seorang murid SMK Merdeka yang diam menunggu. lalu aku coba untuk mengecek pintu dan pintu itu ternyata masih dikunci.

"Ya ampun, apa susahnya meminta kunci kepada office boy yang bertugas di ruangan yang jaraknya sangat dekat dengan dia ? gengsi bisa merugikan diri !" (Tanyaku dalam hati) . aku bergegas menuju office boy untuk meminta kunci ruang rapat. sesudah itu aku menuju ruang rapat untuk membuka pintu.

"KRREEEKK.."pintu sudah kubuka dan aku nyalakan lampu ruangan rapat. lalu aku mengajak murid dari SMK Merdeka untuk masuk ke dalam. sesudah itu aku mulai menyiapkan senjata mematikan ku (eaa bahasanya :P) yaitu laptop compaq ku ! hehehe dikirinya bom apa :p. sambil menunggu kedua temanku. aku main-main ke kaskus sambil twiteran.

Memang aku jarang mengajak ngobrol dia karena diantara anak-anak SMK Merdeka dialah yang paling pendiam, jika melihat wajahnya ia bagaikan mahasiswa tingkat akhir lengkap dengan jenggot dan kumis yang lebat namun postur tubuhnya bagaikan anak kelas dua SMP.

Tak lama kemudian temanku ridona datang, dan berbincang" tentang progres tugas. lalu kemudian datanglah firman. belum kami memulai untuk mengerjakan tugas. OB lekong datang menyuruh kami untuk pindah ke ruangan JAVA.

Haahh java itu kan mirip ruangan cc di sekolah ku, keliatan rapi dan hanya yang memiliki wewenang untuk memakai ruangan itu.. kami pun meminta izin kepada pak ana untuk memakai ruangan itu dan ternyata dia yang memegang kunci atas ruagan itu CMIIIWWW ! dengan wajah sumringah aku dan kedua temanku memasuki ruagan itu. rasanyaa waw nyaman karena di ruangan tsb disediakan AC dan kondisi yang tenang karena hanya kami bertiga yang memakai ruangan tersebut. daannn ternyata koneksi internet di ruangan ini membuat ku mengendorkan kening :D  . aku memulai ritual dengan online setengah jam dulu baru kerja, hehehe. caranya yang cukup ampuh biar semangat kerja #in my opinion.

"KREEEEKKK" pintu berbunyi ternyata anak2 SMK Merdeka masuk . grrr... ini yang bikin sebel karena mayoritas dari mereka adalah para animonsta(penggila anime). pasti kalo gak searching gambar ya kegiatan mereka ngedownload sampe mamposs ! dan hal yang menakutkan terjadi karena koneksi internet jatuh !! ya jatuh !! karena disedot oleh mereka grrrr !!!

aku memutuskan untuk melanjutkan tugas dan tak tahu harus memulai dari mana. karena grafik dari jpgraph belum tampil. namun ada yang menarik perhatian ku yaitu kedua temanku yang asik memainkan game PES 2012 disaat mereka bingung harus mengerjakan apa. timbul niatku untuk meminta game itu tetapi masih ragu akan kapasitas hardisk yang tebatas T_T.

"tereng terengtengtengtengteng.." tak terasa waktu istirahat telah tiba. kami bertiga meutuskan untuk keluar mencari jajan makan siang. karena takut jajanan di sekitar kantor mengecewakan, kami berjalan agak jauh dari kantor sampai dekat dengan SD yang entah tau namanya kami menemukan gerobak nasi uduk yang dijaga oleh seorang ibu2 kami mencoba untuk makan disitu, kali ini aku yang menjadi sampel.

aku memesan nasi ayam, ulukutek leunca. dan angeun kacang ditambah sambel, sebelum makan aku menanyakan harga makanan yang aku pilih, ternyata murah, hanya Rp. 9000 sajah. aku pun duduk dan mengangkat sendok yang berisi nasi ayam menuju mulutku. dan.. ting..ting..tinggg rasanya enak ! :D aku memberi aba2 jempol kepada teman"ku lalu kedua temanku pun langsung memesan makanan.

setelah itu kami membayar makanan, lalu menuju ke masjid LIPI untuk menunaikan ibadah slalat dzuhur, lalu kami menuju kantor dan waktu sudah menunjukan pukul 13.15. tetapi tenanglah jika kami telat pun pembimbing kami tidak akan memeriksa =D.

kunyalakan kembali laptop.. dan langsung kubuka aplikasi netbeans 7.0 dan masih terbingung-bingung karena tidak bisa membenahi eror yang terjadi pada programku.

Hari ke-5 : Sama seperti hari ke-4. kami bertiga harus memakai ruangan java karena ruangan rapat sedang dipakai. langsung kubuka laptop dan masih mencoba memecahkan masalah eror program. dan ketika kami mengahadapi jalan buntu, kami bermain game terlebih dahulu, agar otak bisa fresh.

di jam istirahat, kedua temanku membawa bekal masing2 dari rumah. aku tak bawa bekal karena memang tak sempat menyiapkan akibat seisi rumah sibuk mempersiapkan diri untuk bekerja. untungnya salah satu temanku, ridona. memberiku makanan, karena bekalnya memang banyak.

"grukk..grukk". eh, ternyata perutku tak bisa dibohongi ! aku masih lapar. kuputuskan untuk keluar bersama kedua temanku untuk mencari jajanan. sampai mataku tertuju pada gerobak baso. tanpa basa basi aku langsung menjadi sampel, eh, maksudnya tester hehehe :D. ku pesan mi ayam baso sedang. ketika kucoba rasanya euhhhh begitu hambarrr kedua temanku langsung menolak untuk membeli jajan disitu.

"taktak taktak". aku sedang asyik twitteran. karena masih waktu istirahat, lalu timbul wacana dari temanku Firman. ia memutuskan untuk pindah PKL dari tempat ini. dan aku dengan ridona setuju dengan wacana dia karena memang kami tidak dibimbing pada saat pengerjaan aplikasi dan hanya membuang waktu kami bertiga. Kami berencana untuk konsultasi ke sekolah pada waktu besok, hari kamis.

"Jangan lah, menyerah begitu saja, mungkin pembimbing kalian telah percaya pada kalian sehingga memberi tugas ini pada kalian". begitu bunyi pernyataan pak wiwan, petugas hubin sekolahku.

"Tapi dia alumni sini pak", jawabku.

"siapa dia ? angkatan tahun berapa dia ?", pak teguh(petugas hubin juga). ikut bertanya

"pak ana, dia angkatan tahun 1991", jawabku.

"Ya sudah, nanti kami akan kontrol ke LIPI untuk konsultasi bersama beliau". pak wiwan memberi jawaban yang membuat kami sedikit bernapas.

aku menyesal karena telah memilih tempat ini, karena harapan ku untuk terjun langsung dalam penelitian ternyata kenyatannya aku hanya diberi tugas dan tidak dibimbing dengan benar T.T .

untuk menghapus rasa kesal, kami menuju game center untuk bermain PS 3.

Hari ke-6 : Hari ini, pak ana tidak ada di LIPI karena ada tugas ke luar kota, entah itu kota apa aku tak tahu, yang jelas kami tidak mendapat bimbingan sama sekali.

ruang rapat dipakai kembali untuk rapat pimpinan, kami terusir menuju ruangan JAVA, aku menanyakan kunci ruang ini kepada pak ana lewat whatsapp(aplikasi mirip BBM). jawabnya minta saja ke rekannya.

"KLIK !". lampu ruangan menyala, lalu kami nyalakan AC. dan kembali mengerjakan tugas yang masih belum terungkap penyebab eror.

"Allahu 'akbar.. Allahu 'akbar". suara adzan datang, kami pun mematikan laptop, lalu turun kebawah menuju masjid. untungnya kami mendapat tempat meski tidak bersamaan.

Seusai shalat jumat, aku dan ketiga temanku pergi ke luar kompleks LIPI untuk membeli makan siang. dan mata kami tertuju pada warung nasi uni kapau jaya. kalau dari kapau berarti masakannya mirip dengan masakan padang.

"makan, disini indak ?". uda(sebutan akang dalam bahasa minang) bertanya kepada kami. Lalu kami mengangguk. dan kaget ternyata pelayanan disini sangat bagus. makanan boleh ambil sendiri tergantung porsinya =D (tapi kalo ngambil lauknya lebih dari satu bilang ya !).

"Uni berapa harganya ?". tanyaku kepada uni(sebutan ibu/teteh dalam bahasa minang)yang ternyata istrinya uda.

"11.000 sajo dek."jawabnya.

puas rasanya makan disitu, dengan budget yang cukup murah perut bisa kenyang.

kami bergegas menuju kantor kembali untuk mengerjakan tugas, hingga bel pun berbunyi, namun kami meiliki   ritual baru yang harus dilakukan sebelum pulang yaitu NONTON VIDEO STAND UP COMEDY !!! . ritual ini cukup ampuh untuk menghilangkan rasa stress karena bekerja mengulik koding yang masih eror. dalam perjalanan pulang aku masih tertawa terbahak2 melihat gaya kocaknya @notaslimboy A.K.A Sammy.

Extra : hemm pas jumat malem gue ngulik koding yang eror. ternyata penyebab erornya yaitu datetime nya ! hahahay =D dan hasilnya jrengg..jrenggg.. jreeennggg


muncul juga grafiknya ! setelah dua minggu ngulik ! bener kata orang2 arab Man jadda wa jada itu kenyataan ='D. sekian dulu cerita saya. mungkin saya gak akan ceritain pengalaman PKL di LIPI setiap minggu, takutnya nanti kalian bosen, hehehe =D

--[Pagi yang cerah di margahayu]--

Tidak ada komentar:

Posting Komentar