Kamis, 11 September 2014

Himpunan Entitas Lemah

Himpunan entitas lemah berisi entitas-entitas yang kemunculannya tergantung pada eksistensinya. Himpunan entitas lemah berisi entitas-entitas yang kemunculannya tergantung pada eksistensinya dalam sebuah relasi terhadap entitas lain (strong entity). Himpunan entitas yang demikian biasanya tidak memiliki atribut yang dapat berfungsi sebagai key, yang benar-benar dapat menjamin keunikan entitas di dalamnya. Sebagai contoh, untuk melengkapi data pegawai kita juga ingin mengelola data hobbi  dan nama orang tua. Berikut adalah contoh fakta yang dapat kita gunakan beserta relasi yang terjadi :




 Dengan fakta tersebut, dapat kita lihat bahwa entitas pegawai berelasi satu-ke-satu dengan entitas orang tua dan berelasi satu-ke-banyak dengan entitas hobbi, sehingga, sehingga kita dapat menggambarkan Diagram E-R sebagai berikut:


Data Orang-Tua dan Hobbi di atas dapat digolongkan sebagai himpunan entitas lemah(yang dalam Diagram E-R dinyatakan dengan kotak bergaris ganda), karena kemunculannya sangat bergantung pada adanya relasi dengan entitas yang ada pada himpunan entitas Pegawai.


Daftar pustaka : 

  • Fathansyah(2012).Basis Data.Bandung: Penerbit Informatika.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar